MENGENAL AREA KERJA MACRO MEDIA FLASH
TOOL YANG DIGUNAKAN DALAM FLASH:
1. Tools
Dalam bagian
ini berisi alat-alat (tool) yang berguna untuk membentuk dan merubah tampilan
dari berbagai macam objek.
a. Selection Tool
Tool ini berguna untuk menyeleksi objek atau merubah bentuk sebuah objek. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key V pada keyboard.
b. Subselection Tool
Tool ini berguna untuk merubah bentuk sebuah objek pada titik atau nodenya. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key A pada keyboard.
c. Line Tool
Tool ini berguna membuat bentuk garis. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key N pada keyboard.
d. Lasso Tool
Tool ini berguna untuk memotong objek. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key L pada keyboard.
e. Pen Tool
Tool ini berguna untuk membuat bentuk objek dalam titik atau node. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key P pada keyboard.
f. Text Tool
Tool ini berguna untuk membuat teks. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key T pada keyboard.
g. Oval Tool
Tool ini berguna untuk membuat bentuk oval atau lingkaran. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key O pada keyboard.
h. Rectangle Tool dan Polystar Tool
Tool ini berada pada satu tempat, dan anda dapa memilih dalah satunya dengan klik tahan pada tool. Tool ini berguna untuk membuat bentuk persegi / kotak (rectangle) dan segilima (polistar). Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key R pada keyboard untuk memilih Rectangle Tool.
i. Pencil Tool
Tool ini berguna untuk membuat bentuk yang anda sukai, namun berbasis garis. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key Y pada keyboard.
j. Brush Tool
Tool ini berguna untuk membuat bentuk objek yang berbasis brush. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key B pada keyboard.
k. Free Transform Tool
Tool ini berguna untuk merubah / transformasi bentuk berupa ukuran, rotasi, maupun skew. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key Q pada keyboard.
l. Fill Transform Tool
Tool ini berguna untuk merubah warna gradasi. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key F pada keyboard
m. Ink Bottle
Tool ini berguna untuk mewarnai garis tepi objek / stroke. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key S pada keyboard.
a. Selection Tool
Tool ini berguna untuk menyeleksi objek atau merubah bentuk sebuah objek. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key V pada keyboard.
b. Subselection Tool
Tool ini berguna untuk merubah bentuk sebuah objek pada titik atau nodenya. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key A pada keyboard.
c. Line Tool
Tool ini berguna membuat bentuk garis. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key N pada keyboard.
d. Lasso Tool
Tool ini berguna untuk memotong objek. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key L pada keyboard.
e. Pen Tool
Tool ini berguna untuk membuat bentuk objek dalam titik atau node. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key P pada keyboard.
f. Text Tool
Tool ini berguna untuk membuat teks. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key T pada keyboard.
g. Oval Tool
Tool ini berguna untuk membuat bentuk oval atau lingkaran. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key O pada keyboard.
h. Rectangle Tool dan Polystar Tool
Tool ini berada pada satu tempat, dan anda dapa memilih dalah satunya dengan klik tahan pada tool. Tool ini berguna untuk membuat bentuk persegi / kotak (rectangle) dan segilima (polistar). Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key R pada keyboard untuk memilih Rectangle Tool.
i. Pencil Tool
Tool ini berguna untuk membuat bentuk yang anda sukai, namun berbasis garis. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key Y pada keyboard.
j. Brush Tool
Tool ini berguna untuk membuat bentuk objek yang berbasis brush. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key B pada keyboard.
k. Free Transform Tool
Tool ini berguna untuk merubah / transformasi bentuk berupa ukuran, rotasi, maupun skew. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key Q pada keyboard.
l. Fill Transform Tool
Tool ini berguna untuk merubah warna gradasi. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key F pada keyboard
m. Ink Bottle
Tool ini berguna untuk mewarnai garis tepi objek / stroke. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key S pada keyboard.
n. Paint Bucket Tool
Tool ini berguna untuk mewarnai objek / fill. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key K pada keyboard.
o. Eyedropper Tool
Tool ini berguna untuk menduplikat warna. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key I pada keyboard.
p. Eraser Tool
Tool ini berguna untuk menghapus objek. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key E pada keyboard.
q.Hand Tool
Tool ini berguna untuk menggeser layer seperti halnya tangan. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox bagian view atau dengan menekan shortcut key H pada keyboard.
r. Zoom Tool
Tool ini berguna untuk memperbesar atau memperkecil layer seperti halnya lup. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox bagian view atau dengan menekan shortcut key M atau Z pada keyboard.
s. Colors Dalam bagian Color ini berisikan tool untuk merubah warna dari objek dabik itu berupa warna stroke maupun fill.
t. Stroke Color Tool
Stroke Color berguna untuk mewarnai bentuk stroke atau garis luar dari objek.
u. Fill Color Tool
Fill Color berguna untuk mewarnai bentuk fill atau warna dalam dari objek.
MENGENAL
TIMELINE
Timeline
merupakan panel utama yang berfungsi untuk mengatur cepat atau lambatnya
animasi yang kita buat dan sebagai wadah untuk menyatukan objek-objek dari
setiap layer
A. Layer, adalah suatu lapisan
transparan yang berfungsi untuk mengatur peletakan objek-objek dalam suatu
movie Flash. Jadi, objek yang berada di layer paling bawah akan tertutup oleh
objek yang berada pada layer di atasnya.
B. Keyframe, adalah suatu frame yang
berisikan satu objek atau lebih. Keyframe ditandai dengan bulatan hitam pada
frame.
C. Blank Keyframe, adalah suatu frame
kosong di mana di dalamnya tidak ada objek. Apabila Blank Keyframe tersebut
diisikan sebuah objek, maka ia akan menjadi Keyframe. Blank Keyframe ditandai
dengan bulatan putih pada frame.
D. Playhead, adalah suatu alat yang
berfungsi untuk menjalankan animasi di stage tanpa perlu melakukan Test Movie
terlebih dahulu. Playhead ditandai dengan kotak slider berwarna merah yang
terletak di atas frame.
E. Frame, adalah suatu wadah
bingkai yang membentuk suatu movie Flash. Movie tersebut terdiri atas
sekumpulan gambar yang berurutan sehingga apabila dijalankan, movie terlihat
seolah-olah bergerak.
MENGENAL LIBRARY
A. Window Preview, adalah tampilan yang
berfungsi untuk menampilkan simbol atau objek lain pada Library.
B. Symbol, akan dijelaskan lebih
detail pada Modul 3 dan 4.
C. New Symbol, adalah tombol yang
berfungsi untuk membuat simbol baru pada Library.
D. New Folder, adalah tombol yang
berfungsi untuk membuat folder baru pada Library. Di sini kita dapat
mengelompokkan beberapa simbol ke dalam satu folder.
E. Delete, adalah tombol yang
berfungsi untuk menghapus simbol maupun objek lain pada Library.
Untuk mengambil objek dari Library lain, klik tanda
panah padaLibrary kita, lalu pilih nama Library
lain (misal untitled-2). Ambil objek tersebut dengan cara men-drag-nya
ke Stage.
MENGGUNAKAN TOOLS
1. Rectangle Tools
Kita dapat membuat bentuk kotak maupun persegi menggunakan tools ini dengan berbagai warna maupun style. Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkah berikut”
1. Klik Rectangle tools pada toolbar
2. Klik drag pada halaman kerja membentuk kotak
3. Sesuaikan dengan ukuran yang diinginkan
4. Menggunakan Arrow tools , klik pada gambar.
5. pada fill color pilih warna yang anda sukai.
2. Ovale Tools
Ovale tools digunakan untuk membuat bentuk lingkaran. Untuk membuatnya ikuti langkah-langkah berikut:
1. Pilihlah Ovale tools
2. Klik dan drag untuk membuat lingkaran pada halaman kerja
3. Untuk membuat lingkaran sempurna, tekan tombol shift ketika membuat lingkaran.
3. Pencils Tools
Ovale tools digunakan untuk membuat bentuk lingkaran. Untuk membuatnya ikuti langkah-langkah berikut:
1. Pilihlah Ovale tools
2. Klik dan drag untuk membuat lingkaran pada halaman kerja
3. Untuk membuat lingkaran sempurna, tekan tombol shift ketika membuat lingkaran.
3. Pencils Tools
Penggunaan pencils tools sama dengan menulis menggunakan pensil. Ada beberapa mode pilihan menggunakan pencils tools, yaitu:
1. Straighten mode, digunakan untuk membuat bentuk dengan garis lurus-lurus.
2. Smooth mode, digunakan untuk membuat bentuk dengan sudut halus.
3. Ink mode, digunakan untuk membuat betuk yang lebih bebas.
a. Line Tools
Line tools digunakan untuk membuat bentuk lurus. Apabila anda bermaksud membuat garis lurus dengan perbedaan sudut 450 , maka tekan shift ketika membuat garis.
b. Text Tools
Flash memberikan 3 pilihan jenis teks, yaitu:
1 Static text, yaitu teks sederhana yang biasanya digunakan untuk membuat label.
2 Dinamic teks, yaitu teks yang dapat digunakan untuk menampilkan teks dari luar.
3 Input teks, yaitu teks yang digunakan untuk meminta input dari user. Misalnya pembuatan form isian.
c. Paint Bucket
Tools ini digunakan untuk memberi warna pada objek yang diinginkan.
1 Buatlah objek lingkaran.
2 Klik pada paint bucket tools. Pada bagian fill color, pilih warna yang anda sukai.
3 Klik pada objek yang akan diberi warna.
d. Ink Bottle
Penggunaan Ink bottle, seperti halnya paint bucket, namun penggunaan tools ini untuk mewarnai garis tepi objek.
e. Brush Tools
Mewarnai menggunakan tools ini, akan menghasilkan goresan seperti menggunakan kuas. Ada beberapa pilihan yang dapat anda gunakan untuk mewarnai, yaitu:
1 Paint Normal, digunakan untuk mengecat bagian objek dengan mode normal.
2 Paint Fill, digunakan untuk mengecat bagian warna objek.
3 Paint Behind, digunakan untuk mengecat bagian belakang objek.
4 Paint Selection, digunakan untuk mengecat bagian yang terseleksi.
5 Paint Inside, digunakan untuk mengecat bagian dalam objek.
f. Lasso Tools
Lasso tool merupakan tool pemilih. Anda dapat melakukan seleksi dengan bentuk lurus maupun bentuk bebas.
1. Pilih Lasso tool.
2. Klik pada titik awal objek, drag mengikuti aliran pemilihan.
3. Apabila pemilihan selesai, lepaskan mouse.
Jika anda bermaksud melakukan pemilihan dengan bentuk selalu lurus, pada option tools, pilih Polygon tools kemudian lakukan seleksi dengan cara klik setiap titik pemilihan dan diakhiri pada titik awal seleksi.
g. Eraser Tools
Tools ini digunakan untuk menghapus objek terpilih dengan beberapa pilihan:
1. Eraser Normal, untuk menghapus objek yang dilewati eraser tools.
2. Eraser Fill, untuk menghapus warna objek
3. Eraser Lines, untuk menghapus garis tepi objek
4. Eraser Selected Fills, untuk menghapus warna yang terpilih
5. Eraser Inside, untuk menghapus bagian dalam objek
6. Faucet Modifier, untuk menghapus satu bagian objek yang terkena faucet. Anda dapat mengubah ukuran penghapus dengan merubahnya pada tools option.
h. Eye dropper Tools
Tools ini digunakan untuk mengkopi warna dari satu objek ke objek yang lain.
1. Buatlah objek kotak dengan warna kuning.
2. Kemudian buat objek dengan warna hijau pada tempat yang berbeda.
3. Pilih Dropper tools, klik pada objek kotak, kemudian klik pada fill objek lingkaran
i. Zoom Tools
Zoom tools digunakan untuk memperbesar tampilan objek.
j. Hand Tools
Apabila projek yang anda buat sangat besar, untuk melihat bagian yang diluar area preview dapat digeser dengan Hand tools.
MEMAHAMI JENIS FILE HASIL FLASH
Flash dapat menghasilkan banyak file keluaran. Namun secara umum,
terdapat tiga jenis file utama pada Flash, di antaranya:
A. File Utama (.fla), adalah jenis file utama
ketika kita menyimpan movie Flash kita. Kita bisa membuka dan mengedit semua
jenis file .fla pada Flash.
B. File Hasil Ekspor (.swf), adalah jenis file yang
biasa digunakan pada halaman web. File dalam format .swf dapat dilihat melalui
web browser, selama browser tersebut memiliki Flash Player.
C. File Eksekusi (.exe), adalah jenis file yang
dapat dieksekusi tanpa perlu memiliki aplikasi Flash ataupun Flash Player.
Dengan melakukan klik ganda terhadap file .exe tersebut, maka file tersebut
akan terbuka secara otomatis.
1.
Buka dokumen baru, simpan dengan
nama serangga jalan.
2.
Tekan Ctrl + F8 untuk membuat
symbol movie clip.Beri nama serangga,
tandai Movie Clip bila belum tertandai klik OK.
3.
Klik ikon stroke Color ubah agar tidak berwarna, dan fill color menjadi waena merah gradasi.
4.
Buat gambar Oval agak lonjong dengan oval
tool di tengah-tengah stage
bertanda [+].
5.
Ganti fill color dengan warna hitam. Lalu aktifkan brush tool. Ubahlah brush
tool menjadi lebih kecil.
6.
Buatlah gambar oval tersebut menjadi corak seperti pada animasi itu.(hanya badan)
7.
Klik layer 1 dua kali, ganti namanya dengan kata badan.
8.
Supaya tidak terganggu kunci dulu
layer badan,dengan menekan titik
pengunci layer.
9.
Tambahkan layer baru dengan melalui
menu imsert > Timeline >layer
atau dengan menekan ikon insert layer yang
terletak di pojok kiri bawah area bawah area Time line.
10. Beri
nama layer 2 tersebut dengan nama kaki.
11. Dengan
layer kaki dengan keadaan terpilih,buat badan serangga tersebut seperti
berkaki untuk frame 1 dan 2.
12. Klik
ikon kunci pada layer badan agar frame
bias di edite.
13. Klik
kanan frime 2 layer badan, pilih insert frame.
14. Tekan
Ctrl+E untuk kembali ke scan utama.
15. Klik
ikon Add Motion Guide.
16. Klik
frame 1 pada layer guide.buat alur berliku dengan pensil
tool.
17. Klik
kanan frame 100 layer Guide,pilih Insert frame.
18. Klik
kanan frame 1 layer 1,pilih Creat Motion
Tween.
19. Klik
panel properties, tandai opsi Orient to path dan snap.
20. Dalam
keadaan frame 1 layer 1 terseleksi, drag
movie clip Serangga dari Library panel dan letakkan diujung kanan
garis hingga titiktengah movie serangga seolah menempel di ujungnya.
21. Klik
kanan frame 100 layer 1, pilih Insert
Key Frame.
22. Drag movie clip
serangga hingga titik tengahnya
menyentuhujung akhirsebelah kiri alur.
23. Lakukan
tes movie dengan Ctrl+ENTER.
MEMBUAT ANIMASI TEKS
1.
Buka dokument macro mediaflash.
2.
Aktifkan
teks tool kemudian ketikMADCOMS.
3.
Kliklayer 1,lalu klik frame 15 dan tekan F5.
4.
Pilih menu modify>break aprat/Ctrl+B (untuk
membagi teks).
5.
Klik menu modify>timeline>distribute
tolayer(untukmemisahkan masing-masing huruf ke dalam layer).
6.
Klik key frame 1 pada layer M dan geser ke
frame2.
7.
Geser key frame 1 pada layer A,D,C,O,M,S pda
posisi 4,6,8,10,12,14.
8.
Klik new folder,lalu seleksi layer MADCOMS
dengan menekan Shift dan geser ke folder.
9.
Klik tanda segitiga disamping kiri folder dan
double klikuntuk memberi nama Madcoms.
Lalau ENTER.
ANIMASI BERUBAH WARNA.
1.
Buka dokument macro mediaflash.
2.
Aktifkan
teks tool kemudian ketik MADCOMS.
3.
Klik new layer.
4.
Klikkey frame pertama pada layer 1 tekan Ctrl+C
dan klik layer 2 tekan Ctrl+Shift+V.
5.
Ganti warna teks pada layer2 dengan merah.
6.
Seleksi frame 15 pada layer 1 & 2 kemudian
tekan F5.
7.
Klikkey frame pertama pada layer 2 & tekan
Ctrl+B.
8.
Pilih Modify>timeline>distribute to layer.
9.
Klik key frame 1 pada layer M dan geser pada
frame 2.
10.
Geser key frame pertama pada layer A,D,C,O,M,S
pada posisi frame 4,6,10,12,14.
Lalu tekan ENTER
ANIMASI SKALA TEKS
1.
Buka dokument macro mediaflash.
2.
Aktifkan
teks tool kemudian ketik 46UNK.
3.
Klik frame 15 dan tekan F5.(menyisipkan frame.)
4.
Klikframe 1 pada layer 1 dan tekan menu
modify>timeline>distribute to layer.
5.
Geser key frame pertama pada layer 64UNK pada
posisi frame 3,5,7,9
6.
Tekan F6 untuk menambah key frame pada layer
46UNK pada posisi frame 2,4,6,8,10.
7.
Klikkey framepaertama pada layer 4 dan atur
posisinya agak lebih besar,ulangi langkah langkahnya,setelah selesai test movie
dengan menekan Ctrl+enter.
ANIMASI TRANSFROME TEKS
1.
Buka dokument macro mediaflash.
2.
Aktifkan
teks tool kemudian ketik 46UNK.
3.
Pih menu modify>break aprat.
4.
Pilih modify>timeline>distribute to layer.
5.
Klik kanan frame 4 dan pilih creat motion
tween,(ulangi langkah langkahnya)
6.
Geser key frame pertama layer 6 pada frame 10
dan juga:
·
Layer U >20
·
Layer N>30
·
Layer K>40
7.
Tambahkan key frame dengan menekan F6 pada layer
4 frame 10 & pada layer 6 frame 20 pada layer U frame 30 pada layer N frame
40 pada layer K frame 50.
8.
Klik key frame pertama layer4 dan geer objek ke
kiri, aktifkan pada panel properties pilih alpha,tentukan nilainya : 10 % klik
frame 10 pada layer 4 kemudian klik objek & sesuikan (ulangi langkah
langkahnya).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar